Kamis, 14 Februari 2013

Kasih sayang dan Kebencian


Kasih sayang dan Kebencian

A.HUBUNGAN DAN UNGKAPAN KASIH SAYANG
Kasih Sayang merupakan konsep yang mengandung arti psikologis yang dalam                                       Kasih Sayang bersumber dari “Unsur Rasa” dalam diri manusia, ungkapan  perasaan yangdibenarkan oleh akal,dan direalisasikan oleh karsa dalam bentuk tingkah laku dan perbuatan tanggung jawab. Kasih sayang yang dilengkapi tanggung jawab menciptakan keserasian,keseimbangan, dan kedamaian serta antara sesama manusia, antara manusia dan alam lingkungannya,  serta antara manusia dan tuhan..
Kasih Sayang dapat diungkapkan kepada objeknya dengan menggunakan istilah – istilah khusus sebagai berikut:
A. Cinta, digunakan untuk ungkapan kasih sayang kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Manusia.
B. Senang dan Suka, Digunakan untuk ungkapan Kasih Sayang  kepada selain Tuhan Yang Maha Esa dan Manusia.
C. Belas kasihan, Digunakan untuk ungkapan Kasih Sayang kepada makhluk hidup (manusia,Hewan dan Tumbuh – tumbuhan).

2. HUBUNGAN KASIH SAYANG.
a). Kasih Sayang Orangtua dengan Anak
Antara orang tua dengan Anak terhadap hubungan keluarga yang sangat erat. Hubungan keluarga tersebut menjadi dasar timbulnya kasih sayang terhadap anak dengan orang tuanya.
b) Kasih Sayang Pria dengan Wanita
Dimana pria dan wanita dewasa saling dipertemukan dan saling melirik satu sama lain, saling bertemu dan saling memperhatikan. Ini bertanda sudah mulai tumbuh kasih sayang terhadap wanita dan pria tersebut.lalu dilanjutkan dengan pendekatan,perknalan,perilaku sopan, lemah lembut,suka menolong dan adanya tanggung jawab yang besar.
c) Kasih Sayang sesama Manusia
Dimana seorang sahabat berkunjung kerumah temannya yang sedang sakit, membawakan kue dan memberinya obat dan minuman dissat dia memerlukannya/ serta menjaganya dan melayani teman yang sakit tersebut. Serta membantu mengurus pakaian dan makanannya sahabat tersebut sudah menaruh kasih sayangya.
d) Kasih sayang terhadap Lingkungan.
Seseorang menanam,merawat dan memelihara tumbuhan dengan teliti dan hati hati. Taman bunga tersebut diberi pupuk dan disirami 1 kali seminggu, sehingga tumbuhnya lebih subur. Diamana bunga bunga mulai bermekaran dan tumbuhan tersebut mulai bertumbuh. Lalu dia rawat dan dia pajang di halaman rumah. Orang tersebut sudah menaruh kasih sayangnya terhadap lingkungan sekitarnya.
e) Kasih sayang manusia terhadap Tuhan.
Seseorang yang taat beribadah akan mematuhi semua perintah Tuhan dan selalu menjauh dari larangan-Nya. Dimana ada forum pengajian dan diamana dia hadir. Dimana ada ceramah agama disitu dia hadir dan aktif berdialog, kemana dia pergi disitu dia selalu membawa buku agama. Dia belajar agama dengan rajiin dan aktif agar pendaftarannya sebagai calon mubalig dapat terima. Orang taat beragama ini menaruh kasih sayang yang didasari pengabdian kepada Tuhan Sang Pencipta.

3) UNGKAPAN KASIH SAYANG
Ungkapan kasih sayang bisa berupa apa saja antara lain dengan:
a) Bentuk kata kata atau pernyataan
ungkapan kasih sayang dalam bentuk kata – kata atau pernyataan, antara lain: “aku cinta padamu.”,”jauh dimata dekat dihati.” “cintaku bersemi di kampus biru” dan lain sebagainya itu adalah bentuk kasih sayang dengan bentuk kata kata.
b) bentuk tulisan,telegram,facsimile
ungkapan kasih sayang dalam bentuk tulisan,telegram,dan facsimile antara lain : surat cinta dan surat sayang anak terhadap orangtua. Ungkapan kasih sayang ini selalu dilakukan apabila mereka sedang berjauhan atau sulit mngucapkan kata kata diakibatkan adanya rasa malu.
c) Bentuk gerakan
ungkapan kasih sayang dalam bentuk gerakan adalah yang paling banyak merajalela, dapat ditemui di mana sajam terjadi pertemuan, dirumah,dikantor,perayaan ulang tahun,upacara perkawinan dan lain lain. Antara lain:
1. Bersalaman
2. Pelukan
3. Rangkulan/ dekapan.
d) Bentuk Media
ungkapan kasih sayang dalam bentuk media, antara lain: setangkai bunga,suvernir,kado dan oleh oleh. Ungkapan ini umum di berikan kepada siapa saja,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar